Aneka Olahan Pisang


Pisang merupakan pohon yang kebanyakan tumbuh di daerah tropis dan semua orang pasti sudah memakannya, bagi mereka yang suka akan pisang. Pisang mempunyai banyak kandungan Gizi, jangan menyepelekan khasiat buah pisang. Selain menjadi favorit sebagian besar atlet lokal maupun internasional, karena mengenyangkan tapi tak membuat gemuk, pisang juga sangat berkhasiat bagi kesehatan serta kecantikan dan mengembalikan energi. Pisang memang cenderung mudah dinikmati karena tidak perlu lagi diolah, khususnya pisang yang sudah matang. Namun sampai sekarang ini begitu banyak aneka olahan yang di buat dari buah pisang,  dari hasil pencarian saya ternyata lebih dari 10 macam aneka olahan makanan yang terbuat dari buah pisang bahkan selain buahnya ada juga yang mengolah kulit pisang dan bongol pisang.

Nama-nama aneka olahan pisang :
1. Pisang Molen
2. Pisang Caramel
3. Goreng Pisang
4. Pisang Ijo
5. Kripik Pisang
6. Stick Pisang
7. Sale Pisang
8. Roti Pisang
9. Serabi Pisang
10. Kripik Kulit Pisang
11. Kripik dan krupuk Bonggol Pisang
12. Tepung pisang
13. Dodol pisang
14. Selai pisang
15. Saos pisang
16. Dendeng jantung pisang
17. Gethuk pisang
dan kemungkinan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari satu jenis buah-buahan saja yaitu pisang bisa di olah menjadi berbagai macam jenis olahan, hal ini membuktikan bahwa begitu banyak pemanfaatan dari buah pisang tersebut dan tentunya akan menjadi sebuah jalan bagi para petani pisang untuk lebih memanfaatkan buah pisang tersebut selain mereka menjual buah pisangnya juga mereka bisa menjual aneka olahan dari buah pisang. Secara tidak langsung akan menjadi suatu penghasilan tambahan bagi mereka yang  menanam pisang.

Beberapa Kandungan Gizi yang ada pada buah pisang

Asal tahu saja, sebuah pisang yang matang akan mengandung 99 gram (gr) kalori, 1,2 gr protein, 0,2 gr lemak, 25,8 miligram (mg) karbohidrat, 0,7 gr serat, 8 mg kalsium, 28 mg fosfor, 0,5 mg besi, 44 RE vitamin A, 0,08 mg vitamin B, 3 mg vitamin C dan 72 gr air.

Manfaat Buah pisang bagi tubuh manusia:

Sumber Tenaga
Pisang dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah.

Ibu Hamil
Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.

Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Penderita Anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada pisang, dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah bagi penderita anemia. Dua buah pisang sehari, sangat baik untuk penderita anemia.

Penderita Sakit Maag
Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut.

Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Anda dapat mengkonsumsinya dengan di campur pada segelas susu cair.

Penderita Penyakit Lever
Bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kuat.

Penderita Luka Bakar
Khusus untuk penderita luka bakar, Anda dapat menggunakan daun pisang sebagai pengobatan. Caranya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.

Yang Mengalami Stress
Pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.

Penderita Stroke
Berdasarkan riset The New England Journal of Medicine, mengkonsumsi pisang setiap hari akan menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.

Mengontrol Temperatur
Di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.

Meningkatkan Kekuatan Otak
Di sebuah sekolah Inggris, 200 pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kekuatan otak.

sumber: http://masenchipz.com/khasiat-buah-pisang

 

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube