Cara Cepat & Mudah : Menghitung Validitas – Reliabilitas dengan SPSS


Pada beberapa posting sebelumnya Anda tahu mengenai konsep dan cara menghitung validitas-reliabilitas menggunakan software MS Excel pada sebuah proses uji instrumen. Adakah cara yang lebih cepat dan mudah untuk menghitung Validitas serta Reliabilitas? Apa alat yang digunakan untuk melakukannya? Jawabannya tentu saja ada dan Anda pun bisa melakukannya!

Salah satu jawaban untuk permasalahan menghitung validitas dan reliabilitas secara cepat dan mudah adalah dengan menggunakan software aplikasi statistik. Saat ini, di pasaran beredar aneka macam software aplikasi yang sering digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah perhitungan statistik. Beberapa diantaranya adalah SPSS, S-Plus,  MiniTab, SAS dan MS Excel pun bisa!

Secara khusus, saya akan berbagi dengan Anda bagaimana cara cepat dan mudah menghitung validitas – reliabilitas menggunakan salah satu software statistik. Saya akan menggunakan software SPSS (Statistical Package and Service Solution) versi 15 untuk mengerjakannya. Jika Anda ingin tahu juga caranya, simak penjelasan berikut ini :

Saya berasumsi bahwa kita sudah memiliki data (gunakan saja data yang sebelumnya sudah pernah dipakai disini) dan pada komputer kita sudah terinstall software SPSS. Adapun langkah operasional yang dapat Anda lakukan untuk menghitung validitas-reliabilitas adalah :

  1. Buka data instrumen (format excel) dan program SPSS.
  2. Copy- kan semua data jawaban responden termasuk jumlah skor setiap responden
  3. Paste-kan data di no. 2 pada program SPSS
  4. Lakukan proses penghitungan validitas dengan SPSS sebagai berikut ;
    • Pilih menu Analyze –> Correlate –> Bivariate
      validitas spss
    • Blok semua item instrumen dan jumlah skor yang ada disebelah kiri kotak data dan pindahkan ke sebelah kanan kotak dengan cara meng-klik tombol segitiga yang ada di tengah kedua kotak.
    • Pastikan pilihan coefficient correlation adalah pearson, lalu klik tombol OK.
      validitas spss-2
    • Lihat hasil yang muncul di jendela SPSS output viewer.
      validitas spss-3
  5. Lakukan proses penghitungan reliabilitas dengan SPSS sebagai berikut ;
    • Pilih menu Analyze –> Scare –> Reliability Analysis
      reliabilitas spss 1
    • Blok semua item instrumen saja yang ada disebelah kiri kotak data dan pindahkan ke sebelah kanan kotak dengan cara meng-klik tombol segitiga yang ada di tengah kedua kotak.
    • Pilih metode alpha sebagai model perhitungan yang kita gunakan, lalu klik tombol OK.
      reliabilitas spss 2
    • Lihat hasil yang muncul di jendela SPSS output viewer.
      reliabilitas spss 3
  6. Tafsirkan hasil perhitungan validitas – reliabilitas sebagai berikut ;
    • Kriteria validitas
      Kriteria validitas dapat Anda tentukan dengan melihat nilai pearson correlation dan Sig. (2-tailed). Jika Nilai pearson correlation > nilai pembanding berupa r-kritis, maka item tersebut valid. Atau jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 berarti item tersebut valid dan berlaku sebaliknya. r-kritis bisa menggunakan tabel r atau dengan uji -t.
    • Kriteria reliabilitas
      Nilai reliabilitas diperoleh dengan melihat pada kotak output perhitungan. Nilai alpha yang dihasilkan tinggal ditafsirkan sesuai dengan kriteria pembanding yang Anda gunakan. Sebagai tafsiran umum, jika nilai reliabilitas > 0,6 dapat dikatakan bahwa instrumen yang kita gunakan sudah reliabel.

Demikianlah cara cepat dan mudah menghitung serta menafsirkan validitas dan reliabilitas dengan menggunakan software SPSS. Saya yakin Anda pun bisa melakukannya! Jika masih memiliki kesulitan, jangan sungkan untuk menghubungi saya. Salam sukses untuk Anda!


Update info!
21 mei 2012

Menindaklanjuti banyaknya permintaan dan usulan, kami luncurkan sebuah e-book yang dapat membantu Anda yang sedang mengerjakan pengolahan data statistik untuk laporan, tugas akhir, skripsi, thesis, dan disertasi.

e-book Olahdata StatistikDisusun berdasarkan pengalaman dan praktek penulis bertahun-tahun membantu pengerjaan olahdata statistik. e-book ini berisikan cara-cara praktis dan mudah bagaimana mengerjakan pengolahan data

Dapatkan e-book ini dengan cara mendownload pada link Cara Mudah Mengolah Data Statistik atau pada gambar buku di gambar sebelah dan melakukan konfirmasi melalui sms ke no. 08987026228 untuk mendapatkan password file e-book.

 

e-book “Cara Mudah Mengolah Data Statistik” ini gratis untuk 10 orang pertama saja yang segera mengambil action melakukan konfirmasi.

 

E-book ini tersedia untuk  Anda dengan membelinya seharga Rp. 60.000,-  dan Anda berkesempatan untuk mendapatkan kesempatan 1 (satu) kali konsultasi GRATIS untuk masalah yang sedang Anda hadapi.

 

update (31/5/12, 4:07 PM):

 

  • Selamat untuk 10 orang pertama yang telah take action melakukan konfirmasi password e-book. Semoga bermanfaat! Kalo mau membuat testimoni di halaman ini silakan… :)
  • Kesempatan kedua, untuk 20 orang pertama yang melakukan konfirmasi sms akan mendapatkan diskon 50% dari harga Rp. 60.000,- menjadi Rp. 30.000,-.
  • Dapatkan pula bonus file-file data pengolahan data statistik yang penulis gunakan sebagai pendukung untuk Anda praktekkan!
  • Pembayaran bisa melalui transfer ke rek. BCA : 1391583132 atau Mandiri : 1320004334885. First Come First Serve

.

 

40 Comments

  1. giyanestu achy says:

    gan, untuk uji pengaruh gmn pake SPSS?
    soalnya smw korelasi, validitas sma reabilitas pke SPSS> masa untuk mencari uji pengaruh nya pke manual.
    share donk,,

    mentok nii :(
    thnkz

  2. Ayu Wahyuni says:

    Saya mencoba uji Validitas menggunakan spss 16, tetapi ternyata hasilnya banyak item soal yang tidak valid, respondennya hanya 25 orang dan kuesionernya 30, bagaimana cara mengatasi masalah ini agar itemnya bisa valid, Makasih….

  3. adhy says:

    bagai mn crax apa bila data yg kt hitung i2 tdak valid tau tidak signifikan
    mhon infox..mksi

  4. adhy says:

    bagai mna crax kalau datax tidak signifikan..
    mhon infox
    trimaksi

  5. laily says:

    tulisan yang ada sudah membuka wawasan, tapi masih butuh contoh-contoh pengolahan data dengan beberapa variabel yang mengandung lebih dari satu pertanyaan, u spss 17 mhn pin bisa dikirim akan saya selesaikan masalah transfernya hari senin tanggal 23 september ya pak….

  6. arida says:

    boleh minta pin bb gak? coz aku kebingungan n banyak yg mau aku tanya

  7. ade says:

    min, mau nanya.. ak lg tugas akhir n pake metode AHP. ada software gak? hrs pake uji reliabilitas n validitas yaa. pake apa ya enaknyaa. trus klo mau bli softwarex brapaan? lgsg dwload atw pake cd ?

  8. di says:

    aq msh bingung cara baca data output untk uji validitas pearson moment
    ada arah x dan y untuk spss 17. jadi yang dibaca arah x saja atau y saja, atau bgmn?
    mohon infonya
    terimaksih sblmnya

  9. Rie_erie says:

    Terima Kasih juragan,, info ny bermanfaat baget…

  10. Heriyanto says:

    Thanks a lot for the materials above. Absolutely, may Allah bless you and all of us. (Heri – Bontang, Kal -Tim)

  11. Wiwin says:

    Makasih banyak loh atas info statistiknya terutama yg cara menghitung data realibilitas+regresi pada program spss skg aku jadi tau ternyata cara mengolah data melalui program spss itu mudah ya nggak seruwet yg aku bayangin

  12. bang admin, aku mau nanya dong, aku lagi skripsi, aku pake spss 17 dalam mengolah data.. untuk validitas dan realibilitas aku sudah memahami caranya, yang ingin aku tanyakan, total responden penelitian ku sejumlah 107 responden, nah bagaimana sih cara menganalisa menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS 17?? soalnya aku nyoba berualng kali gak pernah bisa, apa karna sampel ku lebih besar dari 100??? pliss bantuannya bang admin..

    jawab di email ku yaa bang admin ( gothix_bgd777@yahoo.com)

  13. sindy says:

    mau tanya, dr contoh di atas kan ada beberapa yang terdapat ada beberapa Flag yg berarti tarif bukan? klu dalam indikator misalnya di variabel 2 gk ada flag nya berarti tidak valid? saya masih sulit untuk menafsirkannya. terima kasih mohon di bantu

  14. Nur Izzani says:

    Trims ya sangat membantu saya dalam mengerjakan skripsi

  15. SILPANUS PANIDAE says:

    Terima kasih gan atas informasinya, sangat berarti nih buat tesis gua<

  16. ibas says:

    untuk uji validitas dengan penilaian Ya Tidak dengan skor 1 0 gmn yaw???pertanyaan q 10, kmrn aq ujikan k 10 orang, tapi hasilnya tidak valid….gmn ya solusinya???mohon bantuannya

  17. ghozali says:

    terima kasih atas ilmunya pak

  18. Lia says:

    kalo mau menghitung validitas utk item yang lebih dari 100 pake spss versi berapa ya? saya udah cobain yang versi 17 dan 19 tapi ga bisa.. makasih.. :)

  19. putri adi says:

    maaf, saya kurang paham dgn tulisan di atas. jadi utk data di atas r-kritisnya berapa? apakah 0,632 (r-kritis untuk 10 item pada taraf signifikan 5%)?

    • Pengambilan keputusan valid pada contoh yang diberikan adalah menggunakan kriteria t hitung yang dibandingkan dengan t tabel. Selain cara yang diuraikan, memang ada juga cara lain yang dilakukan untuk menentukan valid tidaknya item soal yaitu dengan r -kritis. Jika menggunakan kriteria r-kritis, maka memang betul r-kritisnya adalah 0,632 dan nilai ini dibandingkan dengan nilai korelasi setiap butir item yang diuji validitas… coba ikuti penjelasannya pada artikel menghitung validitas dengan excel

        .Semoga bisa memperjelas … :)
  20. Rhendy says:

    Kk admin.. boleh minta tolong. Saya msh bingung cara uji validitas sama reliabilitas. bisa kk bantu hitungkan? terima kasih..=)

  21. yuda says:

    mau tnya ne, kalo pupulasi nya 291 sampelnya 52, pertanyaan kuesioner 26, tapi waktu diuji r hitungnya ternyata tidak valid,solusinya bagaimana yach…? ap pertanyaan kuesioner nya ditambah atau nilai skor nya diubah,, diubah skor nya bagaiman.. soalnya skor pertanyaan nya sudah saya ubah ternyata tidak valid juga mohon bantuannya thks…

    • Jika ditemukan ada item (soal) pada kuisioner yang tidak valid kita dapat melakukan tindakan beberapa cara : 1) item yang tidak valid dibuang, dengan syarat sisa item yang ada masih mencakup semua aspek/ kisi-kisi/ indikator dari penelitian yang dibuat dan instrumen tetap dipakai pada pengambilan data untuk penelitian; 2) item yang tidak valid direvisi dengan diperbaiki pertanyaan/ pernyataannya untuk kemudian di uji validitas ulang; 3)merubah skor item / jumlah skor item memang bisa mempengaruhi hasil perhitungan validitas, tetapi langkah ini bukan langkah yang ilmiah melainkan modifikasi/ manipulasi data, dan untuk melakukannya perlu mengetahui konsep perhitungan validitas dan reliabilitas… semoga membantu…

  22. angga says:

    gmana cara dan langkah langkah nya??sayah blm paham

  23. RIA ROYANIE says:

    KASI TAU DONG GIMANA CARA MENGHITUNG ALFA CRONBACH DALAM SPSS.17, PLISSS…. THX

    • setelah data instrumen diinput. pilih menu analyze, pilih scale, pilih reliability analysis. pada jendela yang terbuka masukan semua data instrumen dan pastikan model yang dipilih adalah model alpha… semoga membantu … :)

  24. fitriani says:

    Oke nti saya kirim..terimakasih yaa sblmnya..
    sbnrnya ini hanya untuk uji coba alat ukur sih..blm pngambilan data yg sbnrnya.

    skalian mau nanya lg kalo untuk uji coba alat ukur min.sampelnya brp ya??
    populasi ada 55..dan pda pngambilan data sbnrnya nanti smua akan dijadikan sample krn populasi > 100.,kemudian apakah saat uji coba alat ukur validitas konstruk itu penting?

    terimakasih :)

    • memang validitas dan reliabilitas kan sering digunakan untuk uji instrumen penelitian, agar pada saat penelitian instrumen yang digunakan sudah valid dan reliabel.
      minimal sampel bergantung penelitian dan populasi yang ada, secara umum 15-30 sampel sudah bisa mewakili populasi. kalo mau lebih spesifik silakan pelajari mengenai teori sampling untuk menentukan berapa banyak sampel yang memenuhi kriteria penelitian yang baik. tentunya dengan memiliki alat ukur yang valid kita akan mendapatkan data yang lebih akurat untuk bahan penelitian kita. membeli telur dan perhiasan emas sama-sama ditimbang beratnya, tapi alat ukur yang digunakan tidak bisa dipakai terbalik kan?!

  25. fidhita says:

    mau tanya.. gimana cara ngitung reliabilitas pake Kuder Richardson.. soalnya di spss hanya ada Alpha, split-half, Guttman, parallel dan Strict Parallel..
    letak kuder nya dimana ya?
    trimakasih..

  26. fitriani says:

    kalo untuk item lebih dari 100 uji validitas dan reliabilitasnya pake spss versi brp?
    soalnya sy cb pke yg 17 dan 18 ga bisa..
    d tunggu jwbnnya yaaa…
    terimakasihh

  27. widya says:

    thanks ya…Brguna bgt bwt analisa TA sya….

  28. Bens Bars says:

    thanks for the info. dengan tulisan ini saya jadi mengerti bagaimana menentukan suatu intrumen valid and reliable.

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube