Donor Darah Ramadhan


 

Dalam rangka membantu persediaan darah di Unit Donor Darah PMI Kota Bandung, Korps Sukarela PMI unit Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Donor Darah Ramadhan yang diselenggarakan pada Selasa, 31 Juli 2012 pukul 19.00 – 22.00 WIB.

Kegiatan kali ini dimulai pukul 16.30 dengan acara diskusi tentang kedonordarahan bersama UDD PMI Kota Bandung. Pada diskusi ini dieksplor mengenai segala hal yang berhubungan dengan donor darah termasuk sosialisasi BPPD (Biaya Pengolahan Pengadaan Darah).  Acara kemudian dilanjutkan dengan takjil bersama, shalat berjamaah dan disambung dengan makan bersama para pendonor. Dikarenakan ada keterlambatan dari pihak UDD Kota Bandung, maka ada pengunduran waktu pelaksanaan donor.  Pada donor darah kali ini terkumpul  46   labu darah dari 60an      calon pendonor yang mendaftarkan diri. Tampak antusias dari pendonor baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat sekitar. Acara diakhiri pukul 21.30.

Panitia berharap sejumlah labu darah yang terkumpul dapat menambah stok darah yang pada bulan Ramadhan mengalami penurunan jumlah. Memang kelangkaan atau menurunnya persediaan darah di unit donor darah hampir di seluruh Indonesia berkenaan dengan masuknya bulan Ramadhan. Hal ini berkenaan dengan informasi yang beredar di masyarakat bahwa donor darah pada bulan Ramadhan dapat mengakibatkan batal puasanya, lemas dll. Maka memang perlu disini adanya edukasi kepada masyarakat bahwa donor darah tidak membatalkan puasa dengan adanya fatwa MUI tahun 2000 kecuali keadaan kita memaksanakan diri untuk donor padahal kita kurang fit, sehingga dapat membahayakan si pendonor itu sendiri. Malahan donor darah di bulan Ramadhan besar keutamaannya, dikarenakan shodaqoh itu pahalanya dilipat gandakan sampai 70 kali lipat, apalagi kita menyumbangkan darah yang tidak ternilai harganya. Satu lagi strategi yang dapat dilaksanakan oleh penyelenggara donor darah adalah dengan melaksanakan donornya di malam hari setelah usai berbuka.

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube