Hari Pangan Sedunia Tahun 2011


Hari pangan sedunia yang ke-31 Tahun ini bakal digelar di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada tanggal 20 sampai dengan 23 Oktober 2011.

petaniPeringatan HPS ke-31 rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Selain itu HPS akan dihadiri pula oleh sekitar 30 duta besar, 33 gubernur, para menteri, asosiasi petani, dan semua pihak-pihak yang berkepentingan dalam bidang pangan.

Setiap tahunnya pada HPS akan dibahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pemenuhan pangan di lingkup global, regional maupun nasional. Tahun ini FAO telah menetapkan tema “Food Prices from Crisis to Stability”. Pemilihan tema tersebut didasarkan pada gejolak harga pangan dan usaha apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampaknya terutama terhadap mereka (negara miskin) yang paling rentan.

Sebuah replika menara jagung sebagai simbol provinsi Gorontalo yang lekat sebagai penghasil komoditi jagung akan ikut diresmikan. Replika menara jagung setinggi 13 meter dengan diameter 2 meter tersebut merupakan pemberian dari Dinas Pertanian Provinsi dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Gorontalo.

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) adalah sebuah momentum yang mengingatkan bahwa kekuatan setiap Negara ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat secara berkelanjutan. Selaras dengan tema HPS internasional “Food Prices From Crisis To Stability”, maka tema HPS tingkat Nasional telah ditetapkan “Menjaga Stabilitas Harga dan Akses Pangan Menuju Ketahanan Pangan Nasional”.

Seperti pelaksanaan setiap tahunnya, acara puncak HPS dirangkaikan dengan diselenggarakannya pameran dan bazaar, penyerahan simbolis bantuan sosial, seminar yang terkait dengan tema HPS ke-31, serta lomba cipta bergam menu bergizi seimbang yang diikuti oleh Ibu PKK seluruh Indonesia. Diperkirakan acara pameran tersebut akan menarik sekitar 20.000 pengunjung dari seluruh Indonesia.

Anggun C. Sasmi sebagai duta FAO

anggun sebagai duta FAO

Anggun terpilih menjadi Duta Besar The Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) yang tugasnya menanggulangi kelaparan di dunia. Selain Anggun, Carl Lewis (Atlet Pemenang Olimpiade) dan juga Designer Pierre Cardin juga ikut di pilih.

Ini bukan pertama kalinya buat Anggun dipilih oleh United Nations (PBB), karena di tahun 2005 lalu, Anggun terpilih menjadi juru bicara “Year of Microcredit” dan memberikan kesadaran bagi publik untuk membantu buat mereka yang tidak mampu.

Sebagai Duta Besar, Anggun angkat bicara “everyone can count on my continued, tireless support to FAO/United Nations’ activities and worldwide campaign against hunger, to enable those living on the verge of famine to use their own two hands to resolve the problem of hunger at the roots”.

Penyanyi asal Indonesia yang kini tinggal di Perancis ini merupakan artis kelahiran Asia yang punya rekor penjualan album internasional terbatanyak di luar Asia Tenggara. Album “Snow On The Sahara” menjadi #1 di 15 negara (termasuk Italia, dimana album ini meraih multi-platinum) dan juga dia meraih beberapa Awards dan International Prizes. Di sepanjang karirnya, Anggun telah tampil bareng dengan artis2 internasional seperti Peter Gabriel, Pras (The Fugees), Michael Bolton, Julio Iglesias, Zucchero, Piero Pelu dan masih banyak lagi.

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube