Konsep dan Contoh Perhitungan Reliabilitas


Melengkapi pembahasan mengenai uji instrumen yang terkait dengan validitas dan reliabilitas, pada kesempatan ini saya ingin membahas secara khusus mengenai reliabilitas. Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mengetahui bagaimana cara menghitung validitas menggunakan software Excel. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, apakah excel bisa juga digunakan untuk menghitung reliabilitas? Kalau bisa bagaimana cara menghitungnya?

Ok, sebelum saya berikan penjelasan mengenai perhitungan dan contoh reliabilitas kita coba review sedikit apa keterkaitan reliabilitas dengan validitas.

Menurut sumber yang saya kutip 1*), “… persyaratan bagi sebuah test instrumen penelitian, yaitu validitas dan reliabilitas ini penting. Dalam hal ini validitas lebih penting, dan reliabilitas ini  perlu, karena menyokong terbentuknya validitas. Sebuah tes mungkin reliabel tetapi tidak valid. Sebaliknya, sebuah tes yang valid biasanya reliabel.”

Secara garis besar, kita mengenal ada dua jenis reliabilitas, yaitu reliabilitas eksternal dan reliabilitas internal. Pada tulisan ini kita hanya membatasi membahas mengenai reliabilitas internal. Pada dasarnya, reliabilitas ini diperoleh dengan cara menganalisis data dari satu kali hasil pengetesan. Terdapat bermacam-macam cara yang dapat kita gunakan untuk mengetahui dan menghitung reliabilitas internal. Pemilihan teknik mana yang digunakan biasanya didasarkan atas bentuk instrumen maupun selera kita sebagai peneliti. Penggunaan teknik yang berbeda tentunya akan menghasilkan indeks reliabilitas yang berbeda pula. Hal ini secara sederhana dapat kita pahami karena wajar saja pengaruh sifat atau karakteristik data menyebabkan perhitungan mengahsilkan angka yang berbeda, salah satunya akibat pembulatan angka.

Secara khusus, beberapa teknik memerlukan persyaratan tertentu sehingga peneliti tidak dapat begitu saja memilih teknik tersebut. Beberapa teknik mencari reliabilitas yang akan digunakan adalah :

  1. Spearman-Brown
  2. Flanagan
  3. Rulon
  4. Kuder-Richardson (K-R) 20
  5. K-R 21
  6. Hoyt
  7. Alpha

Pada kesempatan ini, kita membatasi untuk menggunakan rumus terakhir, yaitu reliabilitas dengan rumus alpha. Rumus ini sering kali secara spesifik digunakan untuk model instrumen berupa angket penelitian yang memiliki karakteristik data berupa data berskala likert.

Adapun rumus reliabilitas alpha yang digunakan *2) adalah :

 

 

dengan varians butir :

dan varians total :

Untuk mendapatkan contoh cara perhitungan reliabilitas dengan rumus alpha ini, Anda dapat mendowload file perhitungan berikut ini. Jika anda masih kesulitan untuk memahami contoh perhitungan reliablitas tersebut, silakan sampaikan komentar atau hubungi kami untuk penjelasan lebih lanjut.

Semoga dengan contoh perhitungan reliabilitas ini, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan uji instrumen. Salam sukses untuk Anda!

1*) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Suharsimi Arikunto, Bumi Aksara, 2009
2*) Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Suharsimi Arikunto, Rineka Cipta, 2002



Update info!
21 mei 2012

Menindaklanjuti banyaknya permintaan dan usulan, kami luncurkan sebuah e-book yang dapat membantu Anda yang sedang mengerjakan pengolahan data statistik untuk laporan, tugas akhir, skripsi, thesis, dan disertasi.

e-book Olahdata StatistikDisusun berdasarkan pengalaman dan praktek penulis bertahun-tahun membantu pengerjaan olahdata statistik. e-book ini berisikan cara-cara praktis dan mudah bagaimana mengerjakan pengolahan data

Dapatkan e-book ini dengan cara mendownload pada link Cara Mudah Mengolah Data Statistik atau pada gambar buku di gambar sebelah kanan dan melakukan konfirmasi melalui sms ke no. 08987026228 untuk mendapatkan password file e-book.

 

e-book “Cara Mudah Mengolah Data Statistik” ini gratis untuk 10 orang pertama saja yang segera mengambil action melakukan konfirmasi.

 

E-book ini tersedia untuk  Anda dengan membelinya seharga Rp. 60.000,-  dan Anda berkesempatan untuk mendapatkan kesempatan 1 (satu) kali konsultasi GRATIS untuk masalah yang sedang Anda hadapi.

 

update (31/5/12, 4:07 PM):

 

  • Selamat untuk 10 orang pertama yang telah take action melakukan konfirmasi password e-book. Semoga bermanfaat! Kalo mau membuat testimoni di halaman ini silakan… :)
  • Kesempatan kedua, untuk 20 orang pertama yang melakukan konfirmasi sms akan mendapatkan diskon 50% dari harga Rp. 60.000,- menjadi Rp. 30.000,-.
  • Dapatkan pula bonus file-file data pengolahan data statistik yang penulis gunakan sebagai pendukung untuk Anda praktekkan!
  • Pembayaran bisa melalui transfer ke rek. BCA : 1391583132 atau Mandiri : 1320004334885. First Come First Serve

.

 

9 Comments

  1. doi says:

    mas kenapa ya varian butir kalo pakai excel dan ngitungmanual hasilnya beda?

  2. uji validitas dan reliabilitas adalah cara untuk menguji apakah instrumen yang akan kita gunakan pada penelitian sudah memenuhi syarat dan kelayakan alat. Jadi menurut saya, terkait dengan penelitian korelasi sebetulnya ya tergantung dari desain dan metodologi penelitiannya…

  3. Adhitya says:

    Mantap gan…ini yang gua cari dari kemarin tentang cara menghitung reliabiltas alpha cronbat menggunakan Excel. dan hasilnya setelah gua cros cek dengan hasil perhitungan menggunakan SPSS hasilya sama AKURAT. Thanks ya gan……

  4. annie says:

    thanKKKKKKKKKKKKKKKSsssssssssssssss bangettt kak… uji reliabilitas ma reliabilitasnya sangatt menOLONg sayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa… skAli lagiii thanK yOOuuuuuuuuuuuuuu,,,,,,^^^

  5. Gilang Ramadhan says:

    Mas,,maaf…maw tanya,,untuk yg d klom VAR TOTAL (B28) n klom Reliabilitas (B29) fungsi (rumus) apa yg hrus saya masuk_in untuk dapet_in hsil itu…??…saya msih bingung,,maaf kamsyia…

    • Kalo Gilang buka file excel-kan bisa terlihat rumus yang digunakan untuk B28 adalah fungsi yang ada di excel yaitu var. Cara inputnya tinggal ketik =var(isi dengan range sel dari data yang akan dihitung variansi-nya).
      Kalo B29, kita tinggal menuliskan rumus alpha dalam syntax yang memenuhi standar excel…

  6. Hendra says:

    Kata-kata nya terlalu baku banget, ada cara lain ngak yang lebih mudah dipahami…
    Thank ya….

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube