Korelasi Pearson : Rumus pada Analisis Korelasi Product Moment


Korelasi-Pearson-Product-MomentKorelasi Pearson. Ya, istilah ini tentunya yang sering kita temukan pada beragam karya tulis ilmiah seperti Laporan, Tugas Akhir, Skripsi, Thesis, atau Disertasi. Demikian populernya rumus yang sering juga disebut rumus product moment ini menjadikan analisis korelasi sebagai alat inferensi statistik.

Uji korelasi atau uji asosiasi pada dasarnya adalah sebuah cara dalam dalam pengolahan data statistik yang digunakan untuk menganalisis apakah sebuah variabel mempunyai hubungan yang signifikan dengan variabel lainnya. Kemudian jika ada hubungan, bagaimana keeratan hubungan tersebut, serta seberapa jauh variabel tersebut mempengaruhi variabel lainnya.

Menurut teori probabilitas dan statistika, korelasi, juga disebut koefisien korelasi, adalah nilai yang menunjukkan kekuatan dan arah hubungan linier antara dua peubah acak (random variable).

Rumus korelasi merupakan metoda untuk menghitung koefisien korelasi yang kemudian diberikan penafsiran menurut kriteria tertentu. Secara teori, dikatakan bahwa angka korelasi akan berkisar di antara :

  • ¬†(-1), berarti hubungan negatif atau berbanding terbalik dengan sempurna,
  • 0 (nol), berarti tidak ada hubungan sama sekali,
  • (+), berarti hubungan positif atau berbanding lurus dengan sempurna.

Pada prakteknya, angka koefisien korelasi berada antara 0 sampai 1 dan pedoman umum penafsirannya adalah :

  • koefisien korelasi antara 0 – 0,5¬† berarti korelasi cukup kuat
  • koefisien korelasi antara 0,5 – 1 berarti korelasi kuat.

Analisis korelasi korelasi dan regresi (baik sederhana maupun ganda) sering menjadi alat analisis yang digunakan dalam uji asosiasi. Tujuan analisis korelasi adalah untuk mempelajari apakah ada hubungan antara dua variabel atau lebih, sedang analisis regresi memprediksi seberapa jauh pengaruh tersebut.

Salah satu korelasi yang paling populer adalah koefisien korelasi momen-produk Pearson yang meski rumus ini populer  memiliki nama Pearson, metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Francis Galton.

Perhitungan rumus korelasi mudah untuk diterapkan baik secara manual ataupun menggunakan software. Adapun rumus product moment ini sama dengan rumus korelasi yang telah penulis uraikan pada artikel menghitung validitas dengan excel. Software lainnya yang sering digunakan untuk menghitung korelasi pearson ini adalah SPSS. Berdasarkan jenis data yang ada, baik itu nominal, ordinal, interval dan rasion, terdapat menu-menu khusus untuk mengukur korelasi variabel-variabel yang mempunyai jenis data berbeda-beda.

Pada artikel berikutnya akan kita bahas bagaimana cara menghitung korelasi dan cara menafsirkannya secara mudah dan cepat. Semoga Anda yang sedang mengerjakan karya tulis ilmiah dapat terbantu!

 

 

 

1 Comment

  1. malikhah says:

    trims ilmunya sangat bermanfaat sekali smg barokah

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube