Mengenal Iket Sunda


Mengenal iket sunda adalah salah cara mengenal keragaman budaya yang ada di tanah air khususnya di wilayah Priangan. Iket atau ikat kepala sebelumnya sering dianggap kuno atau ketinggalan zaman, bahkan ada pula anggapan kalau pemakai iket adalah seorang jawara atau paranormal (dukun). Sejatinya iket adalah bagian dari busana tradisional, jadi bukan hanya jawara atau orang pintar saja yang memakai iket.

Saat ini fenomena mengalami pergeseran dengan dipakainya iket oleh berbagai kalangan usia, pria maupun wanita. Tren berkembangnya penggunaan iket ini merupakan hasil dari upaya yang digagas salah satunya oleh Komunitas Iket Sunda (KIS) dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Iket yang dipadupadankan dengan pakaian modern seperti kaos dan batik menjadi pilihan bagi anak muda di berbagai kegiatan.

Secara khusus, tren pemakai iket juga terlihat di beberapa tempat nongkrong kawula muda di seputaran Bandung. Bahkan di kalangan biker, iket kepala ini juga menjadi tren.

Iket Sunda bisa dikelompokkan dalam dua bagian yaitu iket buhun atau kuno iket rekaan atau kreasi baru. Jenis-jenis iket sunda yang  banyak dikenal saat ini antara lain ; parekos jengkol, julang ngapak, parekos nangka, parekos gedang, barangbang semplak,mahkota nyangsang, mahkota wangsa, candra sumirat, koncer, kole nyangsang, buaya ngangsar, kampung adat dukuh, dan parekos gedang.

Berikut ini beberapa contoh iket yang bisa Anda coba :

Iket-Sunda1

Iket-Sunda2Iket-Sunda3

Iket-Sunda4Anda yang masih penasaran ingin tau bagaimana cara memasang iket ini, silakan juga buka beberapa tutorialnya di youtube.

IFRAME Embed for Youtube

 

IFRAME Embed for Youtube

Selamat mencoba!

referensi:

http://epaper.pikiran-rakyat.com/

http://catatan-linggapermesti.blogspot.com/2012/12/yang-lagi-ngetrend-di-bandung-iket.html

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube