Olah Data Statistik dengan SPSS


Olah Data Statistik dengan SPSS dapat membantu mempercepat proses perhitungan beragam penyelesaian masalah untuk keperluan laporan, tugas akhir, skripsi, thesis, ataupun disertasi. Kemajuan di bidang software statistik telah banyak membantu banyak pihak dan kalangan untuk melakukan inferensi statistik atas model matematis sebagai alat bantu menyelesaikan permasalahan secara kuantitatif.

SPSS yang merupakan singkatan dari Statistical Product and Service Solution disebut juga sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare) adalah program komputer yang dipakai untuk analisis statistika yang terakhir telah dibeli oleh perusahaan IBM dengan harga US$1,2 miliar dari perusahaan pengembang sebelumnya. Nama software SPSS pun sekarang menjadi IBM SPSS Sofware.

ibm spss

Software analitik SPSS dapat membantu untuk melakukan prediksi dengan lebih akurat tentang apa yang diperkirakan akan terjadi sehingga diharapkan kita bisa mengambil keputusan secara lebih cerdas, menyelesaikan masalah dan memperbaiki suatu output yang sesuai harapan.

Berbagai perhitungan deskriptif dan inferensi yang telah tersedia pada software SPSS ini dapat digunakan secara luas di berbagai bidang pengetahuan dan disiplin ilmu. Pada bagian deskriptif kita bisa menghitung sari numerik dan dispersi data seperti, rata-rata, mean, standar deviasi, modus, median, range, kurtosis, skewness. Menampilkan grafik data pun dapat dilakukan dengan P-P Plot, Q-Q Plot, histogram, scatter plot, box plot, stem leaf diagram, kurva distribusi normal, dan grafik khusus lainnya. Inferensi statistik dengan SPSS bisa dilakukan seperti dengan metode korelasi, regresi, uji t, uji F . Inferensi statistik dengan SPSS ini dapat dilakukan baik untuk tipe statistik parametrik ataupun statistik non parametrik.

Kendala yang dihadapi oleh para peneliti atau mahasiswa yang sedang menyelesaikan karya tulis ilmiah untuk keperluan penyelesaian studi seringkali berpangkal kepada kurangnya pemahaman akan teori statistika dan juga praktek secara teknis penggunaan software statistik sebagai alat bantu.

Pengalaman penulis sendiri membantu ratusan kali mahasiswa mengerjakan pengolahan data membuktikan hal tersebut. Meski sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa mereka telah mendapatkan mata kuliah yang berhubungan dengan metodologi penelitian, teori peluang, statistika dasar untuk penelitian, serta mata kuliah praktek penggunaan software statistik, namun saat berhadapan dengan praktek bagaimana menyelesaikan pemodelan untuk mengambil keputusan atas rumusan masalah menjadi lain cerita.

Kemampuan dan daya serap mahasiswa dalam bidang pengolahan data memang beragam apalagi materi statistika secara teori dan praktek yang disampaikan di ruang-ruang perkuliahan masih cenderung didominasi dengan konsep teoritis dan minim praktek. Ditambah dengan mindset dari sebagian mahasiswa yang belum apa-apa menganggap statistika sebagai materi yang berat dan susah untuk dikuasai.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung, pusing, suntuk menghadapi masalah pengolahan data statistik dengan SPSS tak usah khawatir lagi sekarang. Ada solusi untuk menyelesaikannya yang kami tawarkan!

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube