Pasar Barang Bekas di Bandung


Pasar Barang Bekas Bandung bisa menjadi alternatif untuk Anda yang mencari barang-barang dengan harga yang lebih murah dan masih layak pakai. Kota Bandung memiliki beberapa tempat yang memiliki ciri khas sebagai pasar loak atau barang bekas yang menjual beraneka macam barang dan biasanya pada setiap tempat memiliki kekhususan masing-masing. Ada yang khusus menjual buku dan majalah bekas, hp bekas, pakaian bekas, barang elektronik benak, furniture dan meubel bekas, kusen dan bahan bangunan bekas, sampai mobil bekas.

Pasar-Barang-Bekas-Bandung

Bisnis barang bekas sebetulnya bukan kegiatan usaha yang bisa disepelekan. Bahkan, salah satu pengusaha yang pada awalnya menjual dan menerima titipan barang bekas, bisa memiliki beberapa gerai atau toko barang bekas di beberapa tempat strategis kota Bandung. Anda pernah mendengar BABE?! Ya, Babe adalah singkatan dari Barang Bekas. Berkat ketekunan dan kejelian memanfaatkan ceruk pasar, manajemen Babe telah memiliki tempat yang representatif untuk menjual aneka macam barang (meski sekarang tidak semua barang yang ditawarkan berkategori bekas) dengan harga di bawah pasar.

Jauh sebelum adanya toko barang bekas yang khusus memajang serta menjual barang bekas, Bandung memiliki beberapa tempat yang telah dikenal sejak dulu sebagai sentra pasar barang bekas. Jika Anda belum mengetahui, berikut ini beberapa diantaranya ;

Pasar Cikapundung
Bertempat di Jl. Cikapundung yang berdekatan dengan kantor jaringan distribusi PLN Bandung, tempat ini adalah pasar buku bekas yang menjual buku dan majalah terbitan dalam dan luar negeri.

Bursa Buku Palasari
Para pelajar dan mahasiswa tentunya kenal dengan pasar yang satu ini. Berlokasi di Jl. Palasari, pasar ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari buku-buku lama dan buku baru yang dijual dengan harga diskon sampai dengan 25% per buku.

Cimol (Cibadak Mal)
Nama ini identik dengan tempat favorit belanja pakaian dengan harga murah. Beragam pilihan baju bekas murah tersedia di pasar ini. Meski namanya berasal dari nama Jl. Cibadak, lokasi pasar ini telah mengalami beberapa kali pindah tempat. Dari Jalan Cibadak, Pasar Kebon Kelapa, Taman Tegal Lega, hingga terakhir dipindahkan ke Pasar Gede Bage.

Pasar Jatayu
Pasar yang menjual barang bekas ini memiliki ciri khas menjual berbagai spare part atau suku cadang kendaraan bermotor, aneka aksesoris, dan perlengkapan ABRI.

Pasar Astana Anyar dan Pasar Arjuna
Jual beli barang bekas di kedua pasar ini meliputi aneka jenis barang, dari perlengkapan dapur, pakaian, sampai aksesoris motor pun ada.

Pasar Loak Cihapit
Pasar barang bekas yang terletak di kawasan jl. Cihapit ini menjadi tempat favorit mencari kaset-kaset lawas dan barang elektronik bekas.

Masih ada beberapa pasar lainnya di Bandung ini yang menjual barang daur ulang dari barang bekas. Harga barang daur ulang atau harga barang bekas yang lebih murah dari harga baru tentunya menjadi daya tarik utama pembeli. Aneka karya barang bekas ataupun kerajinan barang bekas yang berupa kerajinan tangan merupakan kreasi barang bekas yang dapat meningkatkan nilai jual dari barang daur ulang.

Beberapa kawasan sentra pasar di Bandung lainnya adalah ; Pasar di jalan kembang sepatu yang menawarkan sepatu olahraga, pasar balubur yang menjual barang alat tulis kantor (ATK), jalan ABC yang terkenal sebagai pasar barang elektronik seperti TV, Kulkas, Mesin cuci, radio, AC, kipas angin, jalan Suniaraja sebagai tempat penjualan bahan-bahan bangunan.

Mengapa banyak yang menekuni bisnis penjualan barang bekas? Satu hal yang penulis ketahui adalah berjualan barang bekas entah itu baju bekas atau barang bekas apapun memiliki keuntungan yang tidak sedikit. Harga barang yang tidak ada patokan pasti membuat transaksi jual beli barang bekas tidak semata-mata dinilai dari harga barang, tapi dari kejelian pembeli dan penjual.  Penjual tentunya akan  menjual barang yang dicari dan dibutuhkan orang sedangkan bagi pembeli, keahlian menawar barang menjadi keasyikan tersendiri saat memilah-milah barang.

Belanja barang bekas, siapa takut?!  :)

1 Comment

  1. Sudah setahun terakhir ini tinggal di bandung tapi belum sempat jalan kemana-mana, oh sayang sekali, banyak pasar unik yang bisa di kunjungi ternyata.. hadeuuh

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube