Tablet 3 Dimensi di bawah 1 Juta


 

Tablet 3D (tiga dimensi) lagi ramai dibicarakan orang. Perkembangan teknologi dewasa ini memang sudah benar-benar maju pesat. Baru saja beberapa saat lalu muncul tablet yang mengubah gaya penggunaan gadget yang dipelopori oleh iPad dari Apple hingga disusul oleh tablet Android termurah, kini perkembangan tablet PC pun telah merambah ke arah tiga dimensi atau 3D. Hal inilah yang saat ini sedang diperkenalkan oleh salah satu pabrikan lokal yang juga meluncurkan tablet Android termurah dengan dukungan kacamata 3D yang terdapat dalam paket penjualannya. Paket tablet 3D ini dijual dengan harga di bawah 1 juta rupiah.

Pixcom Andro Tab Core 3D adalah nama yang diusung oleh tablet murah yang memperkenalkan teknologi 3D ini. Penasaran dengan fitur dan performa yang ditawarkan oleh tablet 3D murah ini?

Desain dan Dimensi

Untuk segi desain, tablet ini mengusung tampilan desain yang sama seperti desain tablet pada umumnya. Dimensi : 195mm x 112mm x 10mm; Berat:  320 gram
Saat Anda pertama kali membuka paket penjualan, aura 3D yang ingin ditanamkan oleh Pixcom di seri teranyarnya ini sangat terasa. Mulai dari gambar 3D di box, hingga logo 3D yang cukup besar di bagian back casing. Tablet ini tergolong tipis dan simple. Material casing dan layarnya didominasi oleh plastik solid.

Agak licin, apalagi jika digunakan dalam waktu lama. Keempat sudutnya membulat, dengan disain ergonomik. Di tubuh Pixcom Andro Tab Core 3D, terdapat tombol daya dan  volume key. Selain itu disematkan pula port charger, port HDMI, port data, TF slot memory, dan port 3.5 audio.Sementara di bagian bawah layar terdapat touchkey menuju back, home dan setting.

Layar

Kedalaman warna :LCD TFT Capacitive Multitouch ; Ukuran: 7 inchi; Resolusi: 800×480 pixels.

Memiliki layar 7 inchi dengan tingkat kecerahan yang dapat diatur. Layar sentuhnya cukup respon dalam menerima sentuhan dan ketukan layar. Dengan pengalaman membuka dan menggulir-gulirkan halaman, layar dari tablet yang berbahan plastik ini, cukup menyenangkan dan  lancar.Berbeda halnya dengan tablet lain yang menyematkan menu pintas pada bagian atas layar, tablet lokal ini justru menyematkan menu pintas pada bagian bawah layar yang mana berisi menu indikator baterai, indikator download, jam, dan indikator WiFi. Untuk tampilannya sendiri, tablet ini mengandalkan tampilan asli dari Android Ice Cream Sandwich yang merupakan sistem operasi Andorid teranyar saat ini.

Performa dan Teknologi 3D

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa tablet ini telah menggunakan sistem operasi terbaru yakni Android Ice Cream Sandwich sebagai sistem operasi utamanya. Dan tablet ini pun ditawarkan dalam dua pilihan memori internal, yakni 4 GB. Sebagai penyokong daya dari Android Ice Cream Sandwich, tablet ini mempercayakan performanya kepada prosesor ARMv7 yang dimana memiliki kecepatan sebesar 1 GHz.

Beralih kepada teknologi 3D yang ditanamkan pada tablet ini. Teknologi 3D memang sedang menjadi trend di tanah air dimana efek 3D ini menawarkan pengalaman yang berbeda saat menikmati tayangan visual. Pada paket penjualan tablet ini, Anda akan mendapatkan kacamata 3D untuk menikmati teknologi 3D yang dibawakan oleh tablet ini. Untuk menikmati suguhan 3D pada tablet ini, Anda bisa masuk ke dalam 3D Zone pada tablet ini yang dimana berisi file yang memiliki dukungan 3D. Mulai dari film hingga gambar bisa Anda coba menggunakan teknologi 3D.

Beberapa pengaturan terkait dengan file yang diberi sentuhan 3D pun bisa anda lakukan pada tablet ini, seperti ketika Anda sedang melihat sebuah film Anda bisa mengubah pengaturan film tersebut mulai dari full screen, video ratio, origin size, hingga rasio 4/3. Sebuah hal yang bisa menjadi nilai plus bagi sebuah tablet lokal yang menyematkan teknologi 3D pada tabletnya.

Audio

MP3/WAV/WMA/AAC, Shuffle, Playlist, Downable, Stereo Speaker, Bluetooth Headset,  Multitasking
Saat memutar lagu, pemutar musik Pixcom Andro Tab 3D menampilkan album art, dan panel audio. Terdapat setting equalizer yang dapat memaksimalkan  audio yang disemburkan melalui speakernya. Anda akan disodorkan opsi FX Booster, 3D Effect Sound dan Bass Booster. Perbedaaan settingan cukup  terasa, terutama saat Anda menggunakan earset.  Tablet ini tidak dibekali dengan FM Radio.

Kamera

Meskipun telah mengusung teknologi 3D, namun sayang sisi kamera dari tablet ini kurang diperhatikan. Andro 3D hanya memasok kamera depan yang memiliki kekuatan VGA 0,3 MP yang hanya mampu menangkap gambar dengan resolusi 640×480 piksel dan tidak dibekalinya lampu flash pada kamera ini. Begitu pula pada modus video, kamera dari tablet ini mampu merekam video dengan kualitas MP4/H.264.

Konektivitas

Beralih pada sektor konektivitas, tablet ini hanya dibekali dengan koneksi internet GPRS/EDGE/HSDPA yang mampu memberikan Anda kecepatan dalam menjelajah dunia maya denga kecepatan standar. Jika Anda merasa tidak puas dengan koneksi yang diberikan oleh tablet ini, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan kanal WiFi yang juga telah ditanamkan dalam tablet ini. Beberapa ikon dari situs terkenal pun disajikan dalam browser bawaan dari tablet ini untuk memudahkan Anda dalam mengakses situs tersebut dengan cepat.

Kesimpulan

Dilepas dengan harga Rp 999.000 (untuk memory internal 4GB), tablet ini tergolong sangat murah untuk tablet dengan kemampuan memutar video berkualitas 3D, dengan resolusi Full HD (High Definition).  Kekurangan dari tablet ini adalah dari segi tidak bisa multi sim dan kameranya hanya VGA 0,3 MP (front cam).

 

GENERAL
Network -
LAYAR
Tipe LCD TFT Capacitive Multitouch
Ukuran 7 inchi Multitouch Five Point (800 X 480 piksel)
DIMENSI
Tipe 195mm x 112mm x 10mm; Berat: 320 gram
AUDIO
Fitur -
Jack 3.5mm jack audio
Speakerphone Ya
MEMORY
Internal 4 GB storage 512 MB RAM
Eksternal Slot Micro SD card up to 32GB
DATA
3G Tidak
EDGE Tidak
GPRS Tidak
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth Ya, v2.1 with A2DP
Infrared Tidak
USB/Port v2.0 microUSB
KAMERA
Primer VGA (0.3MP)
Sekunder Tidak
Video Record Ya
BATERAI
Tipe Standard battery, Li-Ion 3600 mAh
Stanby
Talk Time
FITUR
OS Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
CPU ARMv7 Processor REV2 v7l Frequency: 1008MHz Core : 1 (single cores)
Browser HTML
GPS Ya, A-GPS
Messaging Email, Push Email, IM
Java - , Fitur tambahan: 3D Movie, High Definition Multimedia Interface (2160p) Flash 10.1/10.2, 3D glasses, Office, PDF reader, Browser, video (support .mkv video format),music, Game, Support 3G : External 3G USB Modem
FITUR LAIN
Multiple SIM Tidak
Video Player MP4/H.264/H.263 player
MP3 Player MP3/WAV/eAAC+ player
Audio Record Ya
TV Tidak

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube