Tips Mengatasi Memory Card (kartu memori) corrupt


 

Handphone keluaran sekarang ini rata-rata sudah mengusung konsep memori eksternal karena biasanya handphone tersebut membawa fitur-fitur yang variatif dan memerlukan media penyimpanan data. Ada beberapa jenis media penyimpanan data yang sering digunakan pada handphone , yaitu : MMC, Micro SD, Memory Stick Duo (yang biasa digunakan pada keluaran Sony /Sony Erricson). Harga memory card juga bervariasi, semakin besar kapasitas memory card, cenderung harganya akan semakin murah. Tetapi hal tersebut kembali lagi pada keperluan kita masing-masing, dan spesifikasi dari handphone atau piranti elektronik yang kita pakai.

Judul korup di atas bukan bermaksud menyindir pejabat yang korup, namun istilah yang lazim digunakan untuk menyebut kerusakan pada memory card. Secara fisik, sebenarnya Memory Card merupakan produk teknologi yang cukup rentan, dan mudah sekali rusak karena kena panas, pengembunan, medan magnet yang besar, atau mungkin tindakan yang kasar padanya, misalnya dibanting, jatuh dan lain-lain. Hal ini berkaitan dengan cara penggunaan produk ini yang sering diselipkan keluar masuk piranti elektronik seperti handphone, kamera digital, laptop, mp3 player, mp4 player, dekstop PC, atau memory card reader. Jadi tidak terlalu mengejutkan jika terkadang system file yang ada pada kartu memori tersebut rusak.

Hal-hal yang dapat menyebabkan memory card korup antara lain :

  1. Mengeluarkan kartu memori saat Anda sedang menjalankan suatu aplikasi sedang membaca atau sedang menulis data di dalamnya.
  2. Menurunnya daya tahan baterai pada suatu alat elektronik yang sedang digunakan atau dengan kata lain, kurangnya daya atau voltase saat kartu memori sedang melakukan penulisan data.
  3. Terkadang adanya ketidakcocokan piranti elektronik dengan jenis memory card yang akan digunakan.
  4. Ketidak cocokan software driver PC Windows/Mac/Linux dengan kartu memori.
  5. Kerusakan fisik seperti memory card pernah basah, dibanting, terbakar, dst.

 Cara memperbaiki Memory Card

Cara untuk memperbaiki kerusakan karena memory card corrupted ada beberapa cara, seperti melakukan format langsung dari perangkat ponsel yang kita miliki atau melalui perangkat komputer. Namun, terkadang langkah ini tak dapat menyelesaikan masalah. Jika sampai seperti ini, harus menggunakan aplikasi atau program tambahan untuk melakukan perbaikan. karena data anda akan hilang jika di format, jadi bagaimana menyelamatkan data yang ada didalam kartu memori / Multimedia Card.

A. Pertama-tama cara menyelamatkan data di dalam memory card yang rusak, dengan cara :

  1. Lepas memory card yang ada di handphone lalu Masukkan di CardReader yang sudah ditancapkan di komputer
  2. Pilih Folder memory card  di Removable disk lalu klik kanan pilih properties
  3. Klik TOOL lalu klik lagi Check now,
  4. Centang  automatically check sistem for error dan scan for and attempt recovery of bad setor. centang keduanya, pilih lalu Start.
  5. Setelah itu tunggu sampai proses selesai.
  6. Lalu lepas memory card dari Cardreader dan pasang lagi di ponsel/camera/ perangkat lainnya, maka selesai. data anda aman dan memory card anda dapat digunakan kembali.

B. Cara kedua ini Agak sulit dan memakan Waktu lama.

  1. Buka FileRecovery for MultiMediaCard v1[1].21 ,jika di komputer anda belum ada maka download dahulu disini  atau ini lalu install di komputer.
  2. Pilih Drive Dimana memory card anda berada. (Lihat di My computer dimana Removable disk, disitu memory card anda berada).
  3. Lalu pilih dimana anda akan menyimpan data Recovery (data yang diselamatkan).
  4. Pilih start, tunggu sampai proses selesai.
  5. Maka data anda telah terselamatkan. buka dimana anda tadi menyimpan file image

C. Jika cara-cara diatas tidak bisa maka salah satu jalan terakhir adalah memFORMAT memory card anda <data anda akan hilang tapi memory card anda selamat> di ponsel. Buka menu dalam ponsel lalu Cari lokasi menu memori, umumnya ada di dalam menu tools atau peralatan, pilih menu memori kemudian pada pilihan, pilih Format memory card  dari menu pilihan dan klik OK. Setelah selesai, maka Anda akan diminta untuk memberi nama pada memory card.

D. Memformat MEMORY CARD dengan program bantuan yang terpasang pada PC.

  1. Lepas memory card yang ada di handphone lalu Masukkan di CardReader yang sudah ditancapkan di komputer
  2. Pilih Folder memory card di Removable disk lalu klik kanan pilih format .
  3. Lalu tekan Start. tunggu sampai proses selesai.
  4. Setelah selesai. Gunakan cara A. untuk men-SCAN /memperbaiki memory card anda yang rusak / Memory card corrupted.
  5. Buka menu dalam ponsel lalu Cari lokasi menu memori, umumnya ada di dalam menu tools atau peralatan, pilih menu memori kemudian pada pilihan, pilih Format memory card dari menu pilihan dan klik OK. Setelah selesai, maka Anda akan diminta untuk memberi nama pada memory card.

Jika masih tetap tidak bisa digunakan, berarti memory card tersebut rusak. Jika garansinya masih berlaku, segera bawa memory card tersebut pada toko tempat Anda membelinya sebagai konfirmasi bahwa barang tersebut cacat, untuk mendapatkan ganti yang lebih baru.

Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube