Uji Instrumen Penelitian: Validitas dan Reliabilitas


Validitas dan Reliabilitas. Dua statistik ini akan sering kita temui pada saat kita melakukan uji instrumen penelitian. Bagi mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliah, tugas akhir, skripsi, thesis, ataupun disertasi dengan metoda kuantitatif tentunya akan mengerjakan langkah ini.

Pada prakteknya di lapangan, saya banyak menemukan rekan-rekan yang masih mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan pengertian dan pengoperasian perhitungan dua uji statistik ini.

Melaluitulisan singkat mengenai uji instrumen ini saya ingin berbagi informasi praktis bagaimana memahami apa itu validitas dan reliabilitas. Mari kita mulai dengan membahas pengertiannya terlebih dahulu.

Validitas. Pengertian sederhana validitas adalah bagaimana memilih alat ukur yang sesuai dengan objek penelitian. Sebagai contoh; untuk mengukur berat kita dapat menggunakan timbangan. Jika Anda membeli buah semangka, maka kita akan menggunakan timbangan. Pun ketika Anda hendak membeli perhiasan seperti emas, Anda menggunakan timbangan pula.  Tentunya Anda tidak bisa menukar alat timbangan emas untuk menimbang semangka ataupun sebaliknya. Mengapa? Karena pemilihan alat tersebut berkaitan dengan akurasi terhadap hasil pengukuran. Demikian kira-kira perumpaan apa itu validitas.

Rumusan yang sering digunakan dalam menghitung validitas adalah korelasi product moment dan untuk menguji validitasnya dibandingkan nilai thitung dengan ttabel.

Reliabilitas. Statistik ini berkaitan dengan ukuran waktu dan keajegan alat. Sebagai contoh; Ketika Anda memilih penggaris sebagai alat pengukur panjang, maka penggaris ini harus menghasilkan pengukuran yang sama jika dipakai untuk mengukur panjang dan lebar kertas A4 (21 x 29,7 cm). Jika di beberapa tempat dan waktu tertentu Anda mendapatkan hasil berbeda dari hasil pengukuran kertas A4, maka itu artinya instrumen yang Anda gunakan belum Reliabel.

Rumus yang digunakan untuk menghitung reliabilitas ada beberapa pilihan tergantung dari jenis instrumen yang kita gunakan. Ada rumus split-half/belah dua, guttman, Kuder-Richardson 20 (KR-20), KR-21, atau rumus Alpha Cronbach.

Perhitungan validitas dan reliabilitas sebenarnya dapat secara mudah dan cepat kita lakukan dengan menggunakan aneka macam aplikasi software umum yang ada di pasaran. Paling sering saya menggunakan MS Excel dan SPSS untuk menghitungnya. Ada kelebihan dan kekurangan dari kedua aplikasi tersebut. Pada tulisan selanjutnya akan saya kupas lebih detail apa kekurangan dan kelebihannya.

Oia, untuk rekan-rekan yang memerlukan bantuan dan konsultasi seputar pengolahan data, silakan hubungan kami. Salah satu layanan dari perusahaan kami adalah jasa olahdata statistik. Layanan ini kami adakan untuk membantu rekan-rekan mahasiswa yang memiliki kesulitan dalam menerapkan dan menghitung validitas serta reliabilitas pada tahapan uji instrumen.


Update info!
21 mei 2012

Menindaklanjuti banyaknya permintaan dan usulan, kami luncurkan sebuah e-book yang dapat membantu Anda yang sedang mengerjakan pengolahan data statistik untuk laporan, tugas akhir, skripsi, thesis, dan disertasi.

e-book Olahdata StatistikDisusun berdasarkan pengalaman dan praktek penulis bertahun-tahun membantu pengerjaan olahdata statistik. e-book ini berisikan cara-cara praktis dan mudah bagaimana mengerjakan pengolahan data

Dapatkan e-book ini dengan cara mendownload pada link Cara Mudah Mengolah Data Statistik atau pada gambar buku di gambar sebelah kanan dan melakukan konfirmasi melalui sms ke no. 08987026228 untuk mendapatkan password file e-book.

e-book “Cara Mudah Mengolah Data Statistik” ini gratis untuk 10 orang pertama saja yang segera mengambil action melakukan konfirmasi.

E-book ini tersedia untuk  Anda dengan membelinya seharga Rp. 60.000,-  dan Anda berkesempatan untuk mendapatkan kesempatan 1 (satu) kali konsultasi GRATIS untuk masalah yang sedang Anda hadapi.

update (31/5/12, 4:07 PM):

  • Selamat untuk 10 orang pertama yang telah take action melakukan konfirmasi password e-book. Semoga bermanfaat! Kalo mau membuat testimoni di halaman ini silakan… :)
  • Kesempatan kedua, untuk 20 orang pertama yang melakukan konfirmasi sms akan mendapatkan diskon 50% dari harga Rp. 60.000,- menjadi Rp. 30.000,-.
  • Dapatkan pula bonus file-file data pengolahan data statistik yang penulis gunakan sebagai pendukung untuk Anda praktekkan!
  • Pembayaran bisa melalui transfer ke rek. BCA : 1391583132 atau Mandiri : 1320004334885. First Come First Serve

.

 

1 Comment

  1. Dion says:

    sangat membantu…Thks

Leave a Comment

*

Artikel Menarik lainnyaclose
Friend: tai iwin - Tai game android - tai youtube